Koramil Anjatan Normalisasi Irigasi

oleh -7 views
normalisasi-saluran-irigasi
Anggota TNI Koramil 1614/Anjatan bersama petani dan Pemdes Anjatan Baru melaksanakan karya bakti normalisasi saluran irigasi, Senin (28/12). Foto: Kholil Ibrahim/Radar Indramayu

ANJATAN-Komando Rayon Militer (Koramil) 1614/Anjatan menggelar karya bakti TNI, Senin (28/2). Bersama petani dan jajajaran Pemerintah Desa Anjatan Baru, melaksanakan normalisasi saluran irigasi tepatnya di sekitar Sasak Kebo, Dusun Karang Sambung.

Hal itu dilakukan guna mendukung percepatan masa tanam padi musim rendeng di daerah itu.

Satu unit alat berat berupa excavator diterjunkan untuk mengeruk dasar saluran irigasi di bawah jembatan yang mengalami pendangkalan parah.

“Karena dangkal, sampah nyumbat di bawah jembatan itu. Aliran air jadi tidak lancar, maka dilakukan normalisasi,” terang Pgs Dandim 0616/Indramayu melalui Danramil 1614/Anjatan Kapten Czi Samsudin.

Kegiatan normalisasi ini merupakan tindaklanjut hasil musyawarah Pemdes Anjatan Baru bersama BPD, Karang Taruna serta PJT Seksi Patrol. Merespons keluhan petani sumbatan sampah di bawah Sasak Kebo yang berimbas aliran air tersendat.

“Sekalian dengan itu, kami juga melaksanakan karya bakti TNI. Mendukung program percepatan tanam,” ujar Kapten Czi Samsudin.

Pihaknya bersyukur, partisipasi petani, pemdes dan lembaga-lembaga desa  untuk memperbaiki jaringan irigasi secara swadaya cukup besar dengan cara gotong royong. Apalagi, jaringan irigasi yang lancar diperlukan memenuhi ketersediaan air bagi tanaman padi hingga panen.

Sementara itu, Kuwu Desa Anjatan Baru H M Rodli mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI yang ikut turun dan membantu para petani di desanya.

Pihaknya mengakui, dukungan dari anggota TNI, Polri, Pemcam dan stake holder pengairan sangat dibutuhkan guna mensukseskan program sektor pertanian. ”Setelah selesainya normalisasi saluran irigasi ini, semoga pengairan ke arah persawahan akan lancar. Sekaligus diharapkan bisa meningkatkan hasil panen petani dimusim rendeng ini,” tandasnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *